Blue M0on “Si BulAn Penuh Misteri”

Haii guyzz……pernah dnger tntang bulan biru gag?? Knpa bisa dblang bulan biru ya?
Mau tau infonya??
Yukz qta simak!! :p

Profesor Riset Astronomi Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Thomas Djamaluddin, Senin (30/7/2012) menjelaskan, Bulan Biru merupakan Fenomena bulan purnama yang terjadi lebih dari satu kali dalam satu bulan.
Pada Agustus inilah blue moon itu terjadi tepatnya Jumat, 31 Agustus 2012 lalu, sedangkan purnama pertamanya terjadi pada Kamis 2 Agustus 2012 . Istilah Blue Moon pertama kali digunakan pada 1542, seperti dalam peribahasa Inggris “once in a blue moon” (sekali dalam bulan biru) dan dipakai hingga sekarang.
Fenomena Bulan Biru muncul setiap 2,5 – 3 tahun sekali. Ini disebabkan oleh periode waktu Bulan yang lamanya 29,5 hari, sementara itu satu bulan dalam kalender masehi ada yang 31 hari. “Maka setiap dua atau tiga tahun itu akan terjadi kelebihan satu bulan. Ini berarti akan ada dua purnama dalam satu bulan,” ujar Pakar Astronomi dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Moeji Raharto.
Tidak hanya berwarna biru saja, orbit bumi tersebut juga diperkirakan akan tampil penuh atau purnama, karena seluruh permukaan Bulan yang menghadap ke Bumi disinari oleh Matahari. Saat terjadi,,,,,, bulan akan diselimuti banyak debu angkasa sehingga terkadang akan tampak berwarna biru jika dilihat dari bumi, namun penampakan Blue Moon tergantung dengan kandungan bulir es di angkasa dan cuaca.

” Blue Moon hanya akan terlihat pada keadaan cuaca yang lokal, misalnya tergantung kondisi aerosol di angkasa kita. Kalau atmosfer bumi tidak terdapat zat untuk membiaskan cahaya bulan, peristiwa Blue Moon tidak akan terlihat jelas.”

Meski blue moon hanya sebatas istilah namun bukan berarti bulan tidak bisa berubah warna. Jika di bumi terjadi kebakaran hutan atau letusan gunung berapi, sesaat setelahnya bulan bisa terlihat berwarna kebiruan. Jelaga dan partikel abu yang tersimpan di atmosferlah yang terkadang bisa membuat bulan berwarna biru.

Peristiwa bulan biru yang terkenal adalah ketika terjadi kebakaran hutan yang hebat di Swedia (1950) dan bagian barat Kanada pada akhir September 1951, serta meletusnya gunung Pinatubo Filipina (1991), gunung St. Helens (1980), gunung El Chicon (1983), dan gunung Krakatau tahun 1883 yang juga menyebabkan bulan terlihat membiru selama dua tahun.
Sedangkan beberapa penampakan Blue Moon di berbagai belahan dunia seperti di Macedonia, fenomena bulan biru tampak merah. Sementara di Athena, bulan biru justru terlihat putih kekuning-kuningan. Di Palestina, bulan biru juga terlihat biru kekuning-kuningan. Tapi, di Ekuador, bulan biru tampak putih kebiru-biruan. Di Damskus, bulan biru terlihat putih dengan beberapa bagian berwarna biru.

Namun sayangnya, kejadian ini juga mengingatkan qta akan kematian Niels Amstrong orang pertama yang mendarat di bulan karena fenomena ini terakhir terjadi seminggu setelah kematiannya, sehingga moment ini digunakan untuk mengenang Niels Amstrong.

Tapi dibalik semua itu, dnger-dnger sech fenomena ini iiiinnnndaaaaah bgtzzz!!!!!!
Sooo,,,,, Jangan sampai ketinggalan moment langka ini ya, tnggu 2,5 – 3 tahun lagi tepatnya bulan Juli 2015. Segera siapkan Pacar anda (yang punya pacar :p) karena moment ini akan sangat romantis dan saaaaaaangat langka….hehehehehehehehahahahahihihiih😀

Dikutip darii :
http://www.wowkeren.com/berita/tampil/00024623.html
http://anehcuy.blogspot.com/2012/08/31-agustus-langit-akan-dihiasi-bulan.html#ixzz2B88pxHaA

Nah,,itu sedikit info tntang Si Bulan Penuh Misteri,
semoga kalian menyukai blog ini n brmnfaat bgi kaian!!!!!Sayonara :p

by :
* Agung Tarii,,
* Gek Dyah,,
* Diana deivii,,

This entry was posted in KILAS FENOMENA FISIKA. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s