Black Hole

Heyy Guys….
Para Mbak or Mas Broww skaliannn,,,,
DO YOU KNOW BLACK HOLE??? ATAU
PERNAHKAH KALIAN MENDENGAR TENTANG LUBANG HITAM???
Mungkin Black hole sangat aneh bagi kita!!! ?_?
So Mbak or Mas Broww skaliannn, kali ini kita akan membahas tentang Black Hole,
Apa Black Hole atau lubang hitam??
Black hole adalah tempat yang berada di ruang angkasa di mana ada gravitasi yang sangat kuat, bahkan cahaya tidak dapat menembus keluar atau masuk. Gravitasi itu begitu kuat karena telah diperas ke dalam ruang kecil. Black Hole atau lubang hitam dapat terjadi ketika sebuah bintag sekarat atau bintang mendekati akhir hidupnya.
Pasti kalian tidak pernah melihat black hole kan???
Itu dikarenakan cahaya tidak dapat keluar atau masuk ke dalam bumi kita ini, maka orang tidak dapat melihat lubang hitam tersebut.
Para ilmuwan berpikir bahwa lubang hitam setidaknya satu atom. Lubang hitam sangat kecil tetapi memiliki massa pegunungan. “Massa adalah jumlah materi, atau barang dalam suatu objek”. Jenis lain dari lubang hitam disebut “bintang.” Massanya bisa sampai 20 kali lebih besar dari massa matahari. Mungkin ada banyak lubang hitam di galaksi bumi. atau biasa disebut Bima Sakti. Lubang hitam terbesar disebut “supermasif.” Lubang hitam ini memiliki massa lebih dari 1 juta kali massa matahari yang dikombinasikan. Para ilmuwan telah menemukan bukti bahwa setiap galaksi besar berisi sebuah lubang hitam supermasif di pusatnya. Lubang hitam supermasif di pusat galaksi Bima Sakti disebut Sagitarius A. Ia memiliki massa setara dengan sekitar 4 juta kali matahari.

KAMU TAU?? Para ilmuwan berpikir bahwa lubang hitam terkecil terbentuk ketika alam semesta dimulai. Lubang hitam Stellar dibuat ketika pusat bintang yang sangat besar jatuh di atas dirinya sendiri, atau runtuh. Ketika ini terjadi, itu menyebabkan supernova. Supernova adalah ledakan atau puing-puing dari ledakan bintang ke ruang angkasa.
Para ilmuwan berpikir lubang hitam supermasif terjadi pada saat yang sama seperti galaksi terbentuk. Jika lubang hitam tidak terlihat.
Bisakah Black Hole Hancurkan Bumi?
Tidak, karena Bumi tidak akan jatuh ke dalam lubang hitam karena tidak ada lubang hitam cukup dekat dengan sistem tata surya bumi untuk memungkinkan Bumi jatuh ke Lubang Hitam. Bahkan jika sebuah lubang hitam massa yang sama seperti matahari dan mengambil alih matahari, bumi masih tidak akan jatuh ke dalam lubang hitam, lubang hitam masih akan memiliki gravitasi yang sama seperti matahari. Bumi dan planet-planet lainnya akan mengorbit black hole karena mereka mengorbit matahari sekarang. matahari tidak akan pernah berubah menjadi lubang hitam. Matahari bukan bintang yang cukup besar untuk menjadi lubang hitam,,.. HORASS!!!, jadi kita tidak perlu takut kalau nanti ada black hole di galaksi kita,,,, hehehe ^_^

Sumber : http://www.nasa.gov/audience/forstudents/k-4/stories/what-is-a-black-hole-k4.html
By: Sintya and Tini XI IPA3

This entry was posted in KILAS FENOMENA FISIKA. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s