KAPAL TERAPUNG

Hii..! kalian suka IPA ga? Sebenarnya IPA itu menyenangkan lh0.. Karena kita bisa mengetahui alam yang ada di sekitar kita. Kalian tahu “mengapa kapal laut yang begitu berat bisa terapung, sedangkan manusia yang ga begitu berat bisa tenggelam??”


Setahu kami sih di dalam kapal tersebut terdapat GAYA ARCHIMEDES, yaitu gaya “angkat” yang dihasilkan di dalam air karena ada perbedaan masa jenis antara air dan benda tersebut. jika masa jenis benda lebih kecil dari air, maka benda tersebut akan terapung, dan sebaliknya jika masa jenis benda lebih berat dari air maka benda akan tenggelam.
Manusia memiliki massan jenis yang lebih berat daripada air, sedangkan kapal memiliki massa jenis lebih kecil daripada air, karena memiliki volume yang besar (kapal memiliki ruang kosong yang besar). Oleh sebab itu kapal bisa terapung.
MUNGKIN kamu pernah mendengar pertanyaan ini: “Mengapa jarum jahit tenggelam jika dicelupkan ke dalam air, sementara kapal laut yang jauh lebih berat dari jarum, tidak tenggelam?”, dan tahu kah kamu bagaimana penjelasan atas pertanyaan tersebut?
Kalian tahu apa itu massa jenis?? Masa jenis merupakan besaran yang dipengaruhi oleh perbandingan berat per volume suatu benda. Kamu sudah tahu bahwa sebuah benda akan terapung, melayang, tenggelam di dalam sebuah cairan, karena massa jenis benda itu dibandingkan dengan massa jenis cairan tempat benda itu dicelupkan. Jadi benda akan terapung jika massa jenis benda itu lebih kecil dari massa jenis cairan. Benda akan melayang jika massa jenis benda dan cairannya sama. Benda akan tenggelam jika massa jenis benda lebih besar dari massa jenis cairan.
Lantas apa yang mempengaruhi massa jenis? Seperti yang sudah di jelaskan di atas, massa jenis adalah perbandingan antara massa benda dengan volumenya. Artinya semakin kecil massa benda (semakin ringan), dan semakin besar volume benda tersebut, maka semakin kecillah massa jenisnya.
Kembali ke masalah jarum dan kapal laut. Katakanlah keduanya dicelupkan ke dalam cairan yang sama (yang tentu memiliki massa jenis yang sama). Jarum akan tenggelam karena massa jenis jarum lebih besar dari pada massa jenis air, dan juga masih lebih besar dari massa jenis kapal. Kenapa massa jenis kapal bisa lebih kecil dari massa jenis jarum? Penyebabnya adalah kapal laut memiliki ”ruangan” yang demikian luas beserta rongga berisi udara, yang menjadikan ”volume” kapal laut menjadi sedemikian besar dan mengakibatkan massa jenisnya jadi lebih kecil. Bingung?, begini: massa jenis adalah Massa dibagi volumenya, nah jika volumenya semakin besar sementara massanya tetap, maka hasil pembagiannya tentu jadi lebih kecil kan? (coba deh 8 dibagi 2 = 4, sementara 8 dibagi 4 = 2, jadi lebih kecil kan?)
Naaaah,demikian dulu dari kami, semoga kalian memahaminya…BYEEE

This entry was posted in KILAS TEKNOLOGI FISIKA. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s