DI BALIK MENGAPUNG DAN MENYELAMNYA KAPAL SELAM

Hai……..! Teman-teman kalian tahu mengapa kapal selam bisa terapung dan tenggelam?? Dan bagaimana ya cara kerja kapal selam tersebut??


Kapal selam bisa terapung dan tenggelam karena mempunyai massa jenis yang berbeda. Kapal laut bisa terapung karena pada lambung kapal terdapat udara sehingga massa jenis total kapal lebih kecil dari massa jenis air laut.
Cara kerja kapal selam adalah sebagai berikut: di dalam kapal selam ada suatu alat yaitu kompresor udara yang fungsinya dapat memanpatkan udara. Ketika mengapung, sebagian besar badan kapal selam diisi udara sehingga secara keseluruhan ρ(massa jenis) kapal lebih kecil dari ρ(massa jenis) air laut dan meyebabkan ia bisa mengapung. Kemudian jika kapal selam ingin tenggelam, udara tadi dikeluarkan dan air laut disekitarnya dimasukkan sehingga ρ (massa jenis) kapal secara keseluruhan lebih besar dari ρ (massa jenis) air laut. Dan jika kapal selam ingin mengapung lagi maka air laut tadi dikeluarkan dan digantikan dengan udara dari kompresor.
Naaaah teman-teman, apa kalian sudah mengerti kanapa kapal selam kadang-kadang bisa tenggelam dan terapung di dalam air laut… semoga bermanfaat………..;-)

This entry was posted in KILAS TEKNOLOGI FISIKA. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s