PESAWAT TERBANG

Mengapa pesawat bisa terbang?? Penasaran?? Simak tulisan ini…


Pesawat tuh bisa terbang berkat gabungan tenaga dari mesin dan gaya angkat yang di sediakan oleh sayapnya. Sewaktu pesawat bergerak ke depan, udara melewati sayapnya. Sayapnya itu melengkung sedemikian rupa sehingga bidang permukaan atasnya lebih lebar daripada permukaan bawahnya, dan udara yang melewati bagian atas terpaksa bergerak lebih cepat. Terciptalah wilayah tekanan rendah di atas sayap.
Perbedaan tekanan yang di atas dan di bawah itulah yang disebut gaya bubung. Makin cepat gerak maju, makin besar gaya bubung ini sampai akhirnya mengatasi gaya gravitasi. Selama pesawa tinggal landas, bilah atau kelepak sayapnya merentang untuk manambah bidang sayap dan gaya bubungnya, Sewaktu terbang, pesawat naik atau turun dengan mengubah sudut serang sayapnya.
Dalam aerodinamika , pesawat terdorong ke depan karena ada momentum dari dorongan mesin pesawat. Pada sayap di atur dengan bentuk sedemikian rupa sehingga kecepatan aliran udara di sayap bagian atas akan menjadi lebih besar di bandingkan dengan kecepatan udara di bagian bawah sayap. Kecepatan udara di atas sayap lebih besar dari di bawah sayap di karenakan jarak tempuh lapisan udara yang mengalir di atas sayap lebih besar dari pada jarak tempuh di bawah sayap. Waktu tempuh lapisan udara yang melalui atas sayap dan di bawah sayap adalah sama.
Menurut konsep Bernoully , kecepatan udara besar menimbulkan tekanan udara yang kecil, sehingga tekanan udara di atas sayap menjadi lebih kecil dari di bawah sayap pesawat terbang. Dengan demikian, gaya angkat pesawat terjadi.

This entry was posted in KILAS TEKNOLOGI FISIKA. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s