PROSES TERJADINYA HUJAN

Hay,prenz….. do you kn0w RAIN?? Pasti tahulah…! Kalu dipikir-pikir, hujan datangnya darimana yah??? Kita tahu, kalo hujan datangnya dari langit… Tapi apa langit mempunyai persediaan air kaya sumur gitu?? Kok ga pernah habis yaw air yang ada di langit?? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut kami akan memaparkan bagaimana proses turunnya hujan. Mw tahu ga????


Dua pertiga dari bumi kita ini mengandung air dan sisanya adalah daratan. Air itu tersimpan dalam suatu wadah seperti samudra, lautan, sungai, danau, dan sampai ke bak mandi l0w…hehehe…..! Eh, jangan lupa tubuh kita juga mengandung banyak air l0w…! Nah air yang di berbagai wadah tersebut (tidak termasuk bak mandi) akan mengalami penguapan atau EVAPORASI dengan bantuan matahari. Oya, tak lupa juga..air yang ada di daun, tumbuhan, ataupun permukaaan tanah. Proses penguapan air dari tumbuh-tumbuhan itu disebut TRANSPIRASI. Kemudian uap-uap air tersebut akan mengalami proses KONDENSASI atau pemadatan yang akhirnya menjadi awan. Awan-awan itu akan bergerak ke tempat yang berbeda dengan bantuan hembusan angin, baik secara horizontal maupun vertikal. Gerakan angin vertikal menyebabkan awan bergumpal. Gerakan angin tersebut menyebabkan gumpalan awan semakin membesar dan saling bertindih-tindihan. Akhirnya gumpalan awan berhasil mencapai atmosfer yang bersuhu lebih dingin. Disinilah butiran-butiran air mulai terbentuk. Lama-kelamaan angin tidak dapat lagi menopang beratnya awan yang sudah berisi air. Air ini mengalami PRESIPITARI atau proses jatuhnya air ke bumi yang disebut HUJAN.
Naaaah, seperti itulah proses terjadinya hujan. Uda pada ngerti khaaan?? … Lain kali kita sambung lagi dengan t0pik yang lebih menggoda…..BYE…..

This entry was posted in KILAS FENOMENA FISIKA. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s