HUJAN METEOR

Hii..! Uda pernah liat hujan belum?? Pasti uda dunk, dan pastinya juga yang diliat tuh hujan air, iyakan?? Tapi kali ini kita pengen kasi tw ke kalian semua, kalo selain hujan air ada juga HUJAN METEOR. W0w…it’s look so interesting, isn’t it?? yaw dunk, Untuk lebih jelasnya kita simak bareng-bareng yuk…!! one…two..three……….


Hujan Meteor Perseids (Perseids Meteor Shower) adalah fenomena alam hujan meteor yang puncaknya diperkirakan akan terjadi antara bulan Juli dan Agustus. Hujan meteor ini bisa dilihat dengan mata telanjang tanpa menggunakan teleskop, dan akan lebih indah kalau dapat melihatnya pada malam hari, ketika tengah malam atau sebelum fajar. Kira-kira sudah adakah yang melihat Hujan meteor perseids ini dan mengabadikannya dengan kamera? Ada dunk, ia adalah seorang fotografer bernama Brian Emfinger dari Ozark, Arkansas yang berhasil memfoto meteor Perseids pada malam hari tanggal 26 Juli 2009 yang lalu. Waaaah, hebat yaaaw…
Nama Perseids berasal dari nama Rasi Bintang Perseus, dimana meteor-meteor tersebut muncul dari arah rasi bintang Perseus, bergerak dari arah timur laut ke barat. Kecepatan meteor tersebut kira-kira 60 kilometer per jam, dan memiliki kilatan meteor yang terang dengan cahaya yang panjang. Wiiiih,.. bisa dibayangkan betapa indahnya hujan meteor itu??!! Sebenarnya darimana ze datangnya meteor perseids itu?? Meteor-meteor Perseid tersebut berasal dari serpihan debu ekor komet 109P/Swift-Tuttle yang masuk ke atmosfer Bumi. Komet tersebut ditemukan pertama kali pada tahun 1862 itu mengelilingi Matahari setiap 130 tahun sekali. Setiap pertengahan bulan Agustus, Bumi melintasi orbitnya yang mengandung sisa-sisa ekornya yang ditinggalkan. w0w, ternyata punya ek0r jg yaaaw??
Pada puncaknya, yang diperkirakan hari ini tanggal 12 Agustus 2009, hujan meteor Perseids (meteor shower) rata-rata dapat terlihat antara 50-60 meteor setiap jam. Apakah kalian berminat menanti Perseids dan menikmati indahnya hujan meteor ?? Untuk menikmati hujan meteor sebaiknya hindari berada di tengah-tengah kota yang penuh dengan polusi cahaya. Waktu terbaik untuk menikmati Perseids adalah jam 1 malam, perseus baru muncul dari horizon pada arah timur laut. Rasi ini akan bergerak ke atas dan mencapai puncaknya sekitar jam 6 pagi pada arah utara dengan sudut kira-kira 30 derajat di atas horizon. Waktu terbaik mengamati perseids adalah sekitar jam 4 pagi, di saat cahaya matahari belum mempengaruhi pengamatan dan suhu pengamatan berada pada posisi paling tinggi, yaitu sekitar 20 derajat di atas horizon.
Gimana??? karang ga penasaran lagi kan??? Segini aja dulu yach!!smoga dpt mnambah wawasan…..
Oce…..see u next time……!!

This entry was posted in KILAS FENOMENA FISIKA. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s