BALON UDARA


Tahukah kamu tentang balon udara ??? Balon udara merupakan teknologi penerbangan pertama oleh manusia, yang ditemukan oleh Montgolfier bersaudara di Annonay, Perancis pada 1783.
Penerbangan pertama kali dilakukan pada tanggal 21 November 1783, oleh Pilatre de Rozier di Paris bersama dengan Marquis d’Arlandes. Balon udara panas dapat dikendalikan dan bukan hanya dibawa angin yang dikenal dengan airship atau thermal airship.
Saat penerbangan perdana balon Montgolfier, pada 21 November 1783, balon tersebut dapat terbang sejauh 5,5 mil (± 9 kilometer) dalam waktu 23 menit. Mereka membakar wol dan jerami agar balon tetap mengangkasa.
Pada 27 Mei 1931, Auguste Piccard dan Paul Kipfer membuat balon dengan desain sendiri yang diberi tekanan pada kabin agar dapat terbang. Malcom Ross dan Victor Prather berhasil menerbangkan balon udara sampai ketinggian 34.668 meter, yang lepas landas dari geladak kapal Induk USS Antietam di Teluk Meksiko, pada 5 April 1961.
Pada Oktober 1972, telah diluncurkan Balon Winzen yaitu Balon Udara berbentuk kubus tanpa awak dengan volume 1,25 juta M3 di Chico, California, AS. Berhasil terbang sampai ketinggian 51,8 kilometer.
Prinsip kerja balon udara adalah dengan membuat udara dalam balon lebih ringan atau memiliki massa jenis yang lebih kecil dari udara luar sekitar balon sehingga balo udara dapat naik (terbang). Adapun tipe balon udara :
1. Balon udara yang diisi dengan udara panas :
Pada jenis balon udara ini terdapat suatu pembakar yang berfungsi untuk memanaskan udara dalam balon, sehingga udara dalam balon menjadi lebih ringan dari udara luar sekitarnya.
2. Balon udara yang diisi dengan gas yang memang lebih ringan :
Gas Hidrogen, namun kelemahan dengan menggunakan balon berisi gas hidrogen ini adalah mudah terbakar.
Gas Hellum, aman namun sangat mahal.
Jika ingin mengarahkan balon udara ke arah kiri, maka corong tersebut dibelokkan ke kanan, begitu juga sebaliknya.
Nah, teman – teman. Begitulah sedikit tentang latar belakang si balon udara. So, semoga artikel mini ini bermanfaat buat kalian semua !!

This entry was posted in KILAS TEKNOLOGI FISIKA. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s