ANGIN DARAT DAN ANGIN LAUT

HAiii teman-teman,.. Pada kesempatan kali ini kami akan menginf0rmasikan tentang angin darat dan angin laut…


ANGIN adalah udara yang bergerak, kamu sudah tau itu. Bergerak dari mana ke mana? Ya betul seperti halnya air yang mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang rendah, udara pun bergerak dari yang bertekanan tinggi ke tempat yang bertekanan rendah. Nah bagi kamu yang tinggal di tepi laut, kemanakah angin bertiup pada saat siang hari? Dan bagaimana pada malam hari? Bisakah kamu jelaskan bagaimana terjadinya angin laut dan angin darat?
Kejadian yang menarik yang hanya bisa kamu amati di tepi laut adalah adanya angin yang dalam satu harinya berubah arah, yaitu angin darat dan angin laut. Sesuai namanya, angin darat berarti bertip dari daratan menuju laut, dan begitu juga sebaliknya dengan angin laut, yang bertiup dari laut menuju darat.
Saat siang hari, matahari memanasi daratan dan lautan, seperti halnya logam dan air, maka daratan akan lebih cepat menyerap panas dibandingkan lautan, akibatnya udara di daratan lebih cepat memuai, dan naik ke angkasa, akibatnya tekanan udara di daratan berkurang.
Hukum alam berlaku menuju kesetimbangan, udara ”dingin” disekitar nya akan ”menyerbu” menggantikan udara ”panas” yang naik tadi. Atau dengan kata lain, udara yang bertekanan lebih tinggi di lautan, akan mengalir menuju udara yang bertekanan lebih rendah di daratan tadi. Terjadilah angin laut.
Pada malam hari disaat dingin ”menyelimuti” bumi, seperti halnya logam dan air yang di panaskan tadi, maka daratan lebih cepat menjadi dingin, atau lautan menjadi ”lebih panas” dari daratan. Situasi yang sama terjadi, udara di lautan yang ”panas” akan naik dan digantikan oleh udara yang ”dingin” yang ada di daratan. Terjadilah angin darat.
Sifat angin, apabila dipanaskan udara akan memuai. Udara yang telah memuai menjadi lebih ringan sehingga naik. Apabila hal ini terjadi, tekanan udara turun karena udaranya berkurang. Udara dingin di sekitarnya mengalir ke tempat yang bertekanan rendah tadi. Udara menyusut menjadi lebih berat dan turun ke tanah. Di atas tanah udara menjadi panas dan naik kembali. Aliran naik dan turunnya udara panas ini dinamakan KONVEKSI.
Demikianlah penjelasan tentang angin darat dan angin laut, semoga informasi singkat ini dapat bermanfaat bagi pembaca…. BYE…

This entry was posted in KILAS FENOMENA FISIKA. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s