FATAMORGANA


“Haaaiii teman-teman…” kalian mau tahu tidak apa itu fatamorgana?? Nah,kalian juga ingin tahu kan kenapa bisa terjadi fatamorgana?? Kalau kalian jawab “TAKDIR” berarti kalian tidak cerdas….!!
Fatamorgana merupakan sebuah fenomena optik yang biasanya terjadi di tanah lapang yang luas seperti padang pasir atau padang es. Kata fatamorgana diambil dari bahasa Italia. Ini pada mulanya adalah nama saudari Raja Arthur, Faye le Morgana, seorang peri yang bisa berubah-ubah rupa.
Seringkali di gurun pasir, fatamorgana menyerupai danau atau air. Ini sebenarnya adalah pantulan dari langit yang dipantulkan udara panas. Udara panas ini berfungsi sebagai cermin.
Peristiwa terjadinya fatamorgana seperti terlihatnya kilauan air di atas jalanan beraspal disiang hari yang terik atau berkilaunya berlian dapat dijelaskan berdasarkan pemantulan sempurna.Syarat terjadinya pemantulan sempurna yaitu sinar harus datang dari medium yang lebih rapat ke medium yang kurang rapat, sudut sinar datang yang membuat sudut sinar bias menjadi 90 derajat disebut sudut kritis dan sudut datang harus lebih besar dari sudut kritis. Sehingga sinar tidak saja dibiaskan melainkan dipantulkan kembali. Inilah yang mnyebabkan terjadinya fatamorgana.
Naaaaaaah teman-teman, kalian sudah paham tentang fatamorgana kaaan????….

This entry was posted in KILAS FENOMENA FISIKA. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s