GERHANA MATAHARI

^_^V Oh iya kalian tau gak apa itu gerhana matahari? Gerhana matahari akan terjadi ketika posisi bulan terletak di antara bumi dan matahari sehingga menutup sebagian/seluruh cahaya matahari. Memang sih bulan lebih kecil dari matahari, tapii bayangan bulan bisa lho melindungi cahaya matahari sepenuhnya, kaget kan! Itu karena bulan yang berjarak rata-rata sekitar 348.400 km dari bumi. WOW jauh bgt. Sedangkan jarak matahari dari bumi rata-rata sih 149.680.000 km. WOW kira-kira jauhnya kayak apa ya?


Gerhana matahri ada 3 jenis lho, yaitu “gerhana total”, ”gerhana sebagian”, dan “serhana cincin”. Gerhana matahari dikatakan sebagai gerhana total kalu puncak gerhana, piringan matahari ditutup sepenuhnya oleh piringan bulan. Saat itu, piringan matahari dan piringan bulan sendiri berubah-ubah tergantung pada masing-masing jarak bumi-bulan dan bumi-matahari. WOW banyak bgt. Itu Cuma gerhana total lho.
Nah sekarang kita mau pelajari tentang gerhana sebagian. Gerhana sebagian terjadi apabila piringan bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan matahari. Pada gerhana ini, selalu ada bagian dari piringan matahari yg tidak tertutup oleh piringan bulan. Oleh sebab itu namanya gerhana sebagian.
Yuuk kita pelajari tentang gerhana cincin. Gerhana cincin akan terjadi apabila piringan bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan matahari. Gerhana jenis ini terjadi apabila ukuran piringan bulan lebih kecil dari piringan matahari. Sehingga hanya menutup tengah matahari saja. Oleh sebab itu sebagian dari piringan matahari yg tidak tertutup berbentuk seperti cincin yg bercahaya.
Gerhana matahari tidak dpt berlangsung melebihi 7 menit 40 detik. Ketika gerhana matahari, org dilarang melihat ke a rah matahari dengan mata telanjang. Karena ini dpt merusak mata secara permanen dan mengakibatkan kebutaan.
Yuk kita pelajari cara melihat gerhana matahari. Melihat secara langsung ke fotosfer matahari (bagian cincin terang dari matahari) walaupun dalam beberapa detik saja dapat mengakibatkan kerusakan lho. Contoh kerusakan permanent pada retina mata karena radiasi tinggi yg tak terlihat yg dipancarkan dari fotosfer. Kerusakan yg ditimbulkan dapat mengakibatkan kebutaan. Mengamati gerhana matahari membutuhkan pelindung mata khusus atau dengan menggunakan metode melihat secara tidak langsung. Kaca mata atau sunglasses tidak aman untuk digunakan karena tidak menyaring radiasi inframerah yg dapat merusak retina mata lho. Jadi hati-hati ya!!!
Nah kita seudah pelajari tentang gerhana matahari sudah mengerti gak? moga mengerti ya bye** ^^

About these ads
This entry was posted in KILAS FENOMENA FISIKA. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s